" GIB harus menjadi yang terbaik dalam memantau kinerja dan menjadi mitra Pemerintah"

****

PLTP Sarulla Akan Menjadi Pembangkit listrik Panas Bumi Terbesar Di Dunia

Screenshot_2016-09-23-00-24-06_1_1_1.jpg

Pemerintah menyatakan proyek pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Sarulla akan menjadi pembangkit listrik panas bumi terbesar di dunia. Hal itu dikatakan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kardaya Warnika di Jakarta,.”Jika dikembangkan Sarulla akan menjadi pembangkit listrik terbesar,”ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya PLTP Sarulla dapat memperkuat pasokan listrik di wilayah Sumatera Utara (Sumut) sehingga tidak terjadi byar pet lagi. Menurut Kardaya, saat ini pihaknya tengah berupaya menyelesaikan kisruh Sarulla dengan melihat dari berbagai aspek diantaranya hukum, pendanaan dan sebagainya.”Alasan lain Sarulla perlu dikembangkan karena ini energi terbarukan, tidak menimbulkan dampak negatif, disamping itu harga jual listrik ke PLN relatif murah, katakanlah jika di pasaran sekarang harga jual US$9 sen per kwh, Sarulla Cuma US$6 sen,”paparnya.

Proyek PLTP Sarulla bermula dari ditetapkannya daerah panas bumi Sarulla-Sibual Buali-Namora langit ditetapkan menjadi Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Sibual Buali dengan luas WKP 437.458 Hektare (Ha) melalui SK Menteri Pertambangan dan Energi No.1521.K/034/M.PE/1990. Kemudian pada 27 Februari 1993 penandatanganan Energy Sales Contract (ESC) oleh PLN (persero), Pertamina dan Unocal North Sumatera Geothermal (UNSG) serta Joint Operation Contract (JOC) oleh Pertamina dan UNSG.

Kemudian 20 September 1997 dimulai pembangunan proyek PLTP Sarulla ditangguhkan melalui Keppres No.39/ 1997, namun pada 7 Agustus 2003 proyek ini sebesar US$60 juta dari UNSG kepada PT PLN dengan persetujuan Tim Perpres No.133/2000 melalui surat No.S-308/M.EKON/08/2003.

15 Januari 2004 persetujuan MESDM melalui surat No.0256/34/MEM.S/2004 tentang pengalihan proyek Sarulla kepada PLN. Juli 2005, PT Geodipa Energi ditetapkan sebagai pemenang tender proyek PLTP Sarulla yang akan menggantikan PT PLN dalam melanjutkan proyek Sarulla dengan harga jual listrik sebesar 4,55 sen USD/kwh.

12 Mei 2006, PLN menunjuk pemenang urutan kedua pada saat tender yaitu konsorsium Medco, Ormat, Itochu dan Kyushu dengan harga dasar listrik (base electricity price) sebesar 4,64 sen USD/kwh, untuk menggantikan PT Geodipa Energi yang penawarannya dinyatakan batal karena tidak memperpanjang Bid Security.

14 Desember 2007 telah ditandatangani Amendement Agreement to Sarulla JOC antara pihak PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Medco Geopower Sarulla. Orsarulla Inc, Sarulla Power Asset Ltd dan Sarulla Operation Ltd serta Amendement Agreement to Sarulla ESC antara pihak PLN, PGE dan Medco Geopower Sarulla.

Sejak 2016 ini PLTP Sarulla dipercayakan pengoperasiannya dalam hal perawatan kepada Sarulla Operation Ltd yang saat ini dipimpin oleh Brach Manager Baru Bapak Donny F D Tambunan ST dan mudah-mudahan kedepannya PLTP ini dapat mensupply kebutuhan akan energi listrik untuk Sumatera, terang beliau.

Sumber : http://www.intipos.com/berita-pltp-sarulla-akan-menjadi-pembangkit-listrik-panas-bumi-terbesar-di-dunia.html

Habibie: Reformasi di Indonesia tidak Kenal Revolusi

KAIRO–MICOM: Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie mengatakan reformasi politik Indonesia pasca-Orde Baru pada 1998 tidak mengenal revoluasi.

“Reformasi di Indonesia dilakukan bukan dengan revolusi, tetapi evolusi yang dipercepat,” kata Habibie dalam Forum PBB mengenai transisi demokrasi yang berlangsung di Kairo, Minggu (5/6).

Revolusi dalam pandangan Habibie adalah suatu perubahan politik yang tidak dapat diprediksi bagaimana hasil akhirnya, sehingga tidak cocok diterapkan di Indonesia di masa transisi demokrasi.

“Dengan perubahan bertahap yang dipercepat, Indonesia mampu bangkit dari keterpurukan, dan selaku negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia bisa membangun kehidupan demokrasi,” kata Habibie yang disambut tepuk tangan hadirin.

Habibie dalam forum itu diminta untuk menjelaskan pengalamannya tentang transisi demokrasi saat ia diserahkan kekuasaan oleh Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998.

Mantan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) itu mengetengahkan tentang bagaimana sulitnya, ia selaku presiden transisi, mengelola krisis multi dimensi pasca mundurnya Presiden Soeharto. Kendati demikian, Habibie merasa bangga dengan beberapa capaian yang ia hasilkan selama 18 bulan berkuasa.

Beberapa capaian itu antara lain, Habibie menjamin kebebasan pers sebagai prioritas utama dalam penyampaian informasi berkualitas, dan kebebasan berbicara bagi masyarakat.

Habibie juga memperkenalkan undang-undang anti-monopoli dan belakangan dibangun satu komisi independen untuk menjamin persaingan sehat dalam berbisnis.

Sementara itu, mantan Presiden Cile, Veronica Michelle Bachelet Jeria, pembicara pertama sebelum Habibie, mengutarakan bahwa setiap negara memiliki keunikan dalam mengelola negara dalam masa transisi demokrasi.

Forum dua hari yang diprakarsai Badan PBB untuk Program Pembangunan (UNDP) itu menghadirkan sejumlah pakar dan politisi dari Asia, Amerika Latin, dan Afrika Selatan untuk bertukar pengalaman dalam memberi sumbangan pemikiran bagi pemecahan krisis politik di Mesir dan negara-negara Arab yang dilanda revolusi.

Pembicara utama dari Indonesia, selain Habibie, juga mantan Ketua MPR Amien Rais.

Forum itu dibuka Perdana Menteri Mesir Essam Sharaf dan Ketua Perwakilan UNDP di Kairo, Hellen Clark. PM Sharaf dalam sambutannya menyampaikan penghargaannya kepada UNDP dan para pembicara di forum tersebut.

“Forum ini sudah pasti akan memberikan sumbangan pemikiran berharga bagi Mesir untuk memecahkan persoalan di masa transisi politik pasca mundurnya Presiden Hosni Mubarak pada 11 Februari 2011,” kata Sharaf, yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh reformasi Mesir.

http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2011/06/06/231622/284/1/Habibie_Reformasi_di_Indonesia_tidak_Kenal_Revolusi

Bumi Resources Garap Timah Hitam di Dairi
  • Ini menyusul disetujuinya Perpres penggunaan kawasan hutan lindung untuk penambangan.
VIVAnews– PT Bumi Resources Minerals Tbk mengumumkan segera memulai produksi bijih seng dan timah hitam di kawasan hutan lindung register 66 Batu Ardan, di Dusun Sopokomil, Desa Longkotan, Kecamatan Silima Punggapungga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Langkah ini menyusul disetujuinya Peraturan Presiden tentang penggunaan kawasan hutan lindung untuk penambangan bawah tanah pada 19 Mei lalu.Dalam keterangan tertulis, Senin 23 Mei 2011, Presiden Direktur PT Bumi Resources Minerals Tbk, Kenneth Farrell, mengatakan bahwa ini merupakan kabar baik yang sudah ditunggu-tunggu perusahaan. “Tim kami sedang menyampaikan permohonan Izin Pinjam Pakai penggunaan kawasan hutan lindung di area konsesi Dairi,” katanya.Tambang ini nantinya dioperasikan PT Dairi Prima Minerals yang 80 persen sahamnya dikuasai Bumi Resources Minerals. Sisa saham perusahaan ini dimiliki PT Aneka Tambang Tbk.Farrell manambahkan, Peraturan Presiden yang mendukung penggunaan kawasan hutan lindung ini, merupakan kemajuan yang sangat berarti bagi industri tambang di Indonesia. Hal ini dapat membantu para pemilik konsesi memproduksikan dalam waktu dekat.”Ini juga berarti tambahan nilai dalam bentuk royalti untuk negara,” katanya.Selain itu, Farrel juga mengaku optimistis izin Pinjam Pakai penambangan bawah tanah Dairi segera disetujui. Ini akan berdampak positif terhadap Dairi.Penambangan ini diharapkan bisa mulai produksi pada awal 2013. “Dengan catatan izin tersebut telah disetujui dan kondisi-kondisi lainnya sudah terpenuhi.”

 

25 responses

  1. penantian yang lama sekarang menjadi kenyataan dunia menghilangkan sefat hewaniah naga yang terdapat dalam komodo dan komodo sekarang menjadi keajaiban dunia … mungkin ilmu ini bisa berguna bagi agama bangsa dan negara

    wassalam

    ANDI KUSNANDIAR

    5 November 2011 pukul 19:56

  2. Terimakasih atas atensi dan responsnya..Pak

    semoga NKRI lebih maju dan dapat sejajar dengan Negara-Negara Maju di Dunia..

    25 April 2012 pukul 14:19

    • mari kita sambut kemerdekaan republik indonesia dengan kemerdekaan dan kemenagan sesunguhnya bulan ramadhan sekarang tanggal 17 tanggal antara 18 dan19 idul fitri yang artinya kemenangan atau kemerdekaan mari kita sambut kita sambut kemerdekan dengan persatuan dan persatuan bangsa ini dan saling silaturahmi dan menjaga kebudayaab asli indonesia lewat lebaran ini de ngan bertabuhnya gema takbir dan suara bedug negeri kita ini… merdeka negriku merdeka bangsaku,,, negeriku

      10 Juni 2012 pukul 22:59

  3. Andi kusnandiar

    kemajuan negara dan kemajuan bangsanya terletak pada pesatuan dan kesatuan bangsa dan negara ini.. dan orang orangnya … bukan hanya pada presidennya ataupun menterinya maupun mpr dan dprnya serta stap presidenya tetapi semua orang yang mengaku dirinya mempunyai rasa kebangsaan pada ibu pertiwi ini… dan merasakan lahir dan besar di negara INDONESIA tercinta ini….dan rasa memiliki untuk memajukan serta mensejahterakan negara …nusantara ini…..

    25 April 2012 pukul 19:52

  4. tak ada perjuangan yang sia sia merdeka merdeka merdeka negeriku dan bangsa ku republik indonesia dari kebodohan… stupit

    14 Agustus 2012 pukul 04:14

  5. kenapa yaa negara kita yang kaya raya dengan hasil emas diirian jayanya tidak dikelola oleh orang orang indonesianya malahan mungkin irian jaya mau dikuasai negara asing marilah kita kelola lagi hasil bumi indonesia ini oleh orang orang bangsanya dan negara kita sediri jangan mengandalkan bangsa lain.

    25 November 2015 pukul 19:30

  6. saya mimpi bertemu dengan bungkarno menangis apakah ini pertanda dia melihat bangsa dan negara ini terjajajah kembali oleh negara lain lihatlah tanah indonesia kini dikuasai oleh negara negara lain dan utang negara makin banyak sampai mencapai 4000 trilun apakah ini pertanda dia melihat negara ini tak ada yang bisa memimpin negara ini…

    29 November 2015 pukul 15:15

  7. jakarta dijadikan tempatnya ngumpet orang orang yang banyak utang apalagi istana pesiden dan kantor dpr dan mprnya mendingan pulang lah kekampung kalian masing masing daripada mengotori daerah ibukota jakarta bukan buat orang orang yang sembunyi dari utang,,,,,

    3 Desember 2015 pukul 16:25

  8. demi kesejahteraan rakyat aku usulkan bahwa yang koropsi supaya tidak menjalar harus ada hukum yang tegas dan harus dilaksanakan yaitu hukuman di pasung .. asli hukum indonesia..

    5 Desember 2015 pukul 15:31

  9. ingat lah akansejarah fa hien yang datang ketaruma negara dari tiongkok sebelum kerajaan majapahit ada kemakmuran perjamaian dan kesejah teraan penduduknya…….dan orang tiokok itu lebih menghargai orang sunda dibanding orang orang jawa…

    26 Desember 2015 pukul 14:13

  10. maksud yang sebenarnya kenapa pulau komodo dijadikan keajaiban dunia bukanhanya komodo tetapi dengan orang orangberiman yang ada bertapa di gunung rinjani perjalan menusuri pegunungan pegunungan dan kisah tentang orang orang beriman yang kulakukan setelah melihat dunia internetan…gunung tangkuban perahu bercerita tentang tidak bolehnya menikah sama ibu. gunung galunggung tidak boleh menikahnya dengan soudara sekandung .gunung merapi tidak bolehnya menikah sama nenek gunung bromo tidak bolehnya menikah sama romo atau dalam bahasa indonesia sama ayah dan gunung rinjani yang terletak di sunda kedil tidak bolehnya kawin dengan hewan dan sesama jenis lelakidengan lelaki dan perempuan dengan perempuan karena hewan The Komodo dragon saja tidak sesama jenisnya masa manusia kalah sama The Komodo dragon.dan itulah perjalankun untuk sautu kisah orang orang beriman dan benar menurut al quraan dan haidisnya…..dan menjadikan dunia dari jam kebodohan menjadi jaman kepintaran dalam dunia ineternet ini dan menjaga ahlak manusia…..dan para leluhur kita teruskan perjuangan ku buat generasi muda dan jaga ahlak dan akidah kalian dengan cerita cerita gugunungan….salam baut semua gerakan indonesia bersatu dan negara kesatuan republik indonesianya juga semua lapisan yang terlibat dengan gerakan indonesia bersatu merdeka negeriku merdeka bangsaku….hidup merah putih berkibarlah kau selalu…..

    9 Januari 2016 pukul 15:04

  11. salam buat semua yang cinta indonesia ini pada bapak bapak dan ibu ibu dan soudara soudara terhormat semoga tulisanku ini di dengar oleh para peminpin yang cinta dengan perdamian.keselamatan dan kesejahteraan rakyatnya baik yang mampu dan kyrang mampu dalam bidang kesejahteraan rakyat.bapak bapak- dan ibi- ibu dan soudara soudara.sekalian atas keinginan semua pihak rakyat indonesia yang..ingin ukm yang sekarang jadi penyanga dan aser ini dan yang lagi di perjuangkan buat kepentingan rakyat buat MEA.dan INTERNASIONAL .di khususkan ke porum di amerika maka setidaknya kesalah pahaman antara . mantan presiden mega wati dan susilo bambang yuodoyono mengeluarkan BLT.(batuan dana tunai langsung) aku atas nama andi kusnadiar… dari anggota gib ini mengusulkan dan supaya tidak salah paham buat keduanya dijaman sekarang harusnya kita bepikiran baik pada rakyat yang keatif terutama pada rakyat yang tidak mampu tapi mempunyai keinginan untuk menciptakan lapangan kerja lewat keratipitasnya tetapi tidak punya modal dan itu kenapa BLT. perlu dulu di keluarkan untuk permodalan awal yang mungkin cukup Rp600.000. dari pemeritah untuk pemerintah buat UKM.dan selanjutnya kalau usahanya maju bisa pinjam lewar bank yang di tujunjuk pemerintah buat..permodalan selanjutnya yang mempunyai kemauan dan kerja keraras…utuk keejahteraan nya dan kesejahteraan rakyat lainya,, dan hanya itulah yang bisa saya sampaikan sebagai anggota gerkan indonesia nersatu ini pokoknya intinya keluarkan lagi dana BLT… DARI PEMERINTAH … BUAT RAKYAT dan semoga bisa berpikiran baik dan buat masa depan rakyat pula.,,, salam dariku.

    20 Februari 2016 pukul 22:37

  12. pertanyaan malaikat jibril terakhir kalinya di kumpulan para sahabatnya dan para pengikutnya yaitu apakah rukun Islam itu yang berjumlah 5. dan apakah rukun Iman itu adlah 6.dan kemerdekaan indonesia yang diperjuangkan oleh para pemuda nya rumah pegangsaan timur nomer 56. yang berarti rukun islam dan rukun iman dan kalau di tambahkan 56+56=112.yang dalam al quran Surat Al-Ikhlas
    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

    قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤
    dan kalau dalam pancasila adalah sila pertama Ketuhanan yang Maha ESA.setidaknnya kita selaku warga negara indonesia harusnya ikhlas.menerima al quran dan jujur dalam menerimanya sebagai pedoman hidup semua yang mengaku warga negara indonesia dan saya sebagai anggota GERAKAN INDONESIA BESATU..mendukung sempenuhnya al quraan yang jadi pedoman dan sumpah setia mengabdi pada NKRI.

    1 Maret 2016 pukul 21:01

  13. andaikan aku di diupah oleh gerakan indonesia bersatu ini dari tahun 2002 mungkin semua akan semua kusumbangkan buat kesejahteraan rakyat buat dana apalagi dana buat pendidikan yaitu dana BOS.biaya oparsional sekolah dan dana BLT. dana Bantuan lansung tunai bagi yang tidak mampu yang tercantum dalam Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”.dan itulah impian bungkarno dan semoga cita cita dan impiannya seterang aku mimpi dengannya. dan yang bertanggung jawab atas masalah ini adalah aku karena aku ingin mimpi bertemu dengan bung karono itu seterang proklamasinya serta pancasila. dan UUd 45nya yang betangngung jawab disini utuk semua biaya dana BOS dan BLTnya adalah aku karena ada jaminannya buat devisi keuangan timur tengah dan data EROPA.

    wassallam

    ANDI KUSNADIAR.

    2 Maret 2016 pukul 18:57

  14. semoga susilo bambang yhodoyono sehat selalu dan tetap diberikan kedamaian dan keselamatan.serta kesejahteraan dan menjadi pembina gerakan indonesia bersa (GIB) ini .dan dapat lebih baik mempersatukan dan mempertahankan indonesia ini.

    wassalam

    ANDI KUSNANDIAR…

    4 April 2016 pukul 18:33

  15. terimakasih atas kerjasamanya antara indonesia dan eropa tentang keuangan divisi keungan eropa yang masuk dan berinvestasi sebanyak 20,5 miliar dolar AS (setara Rp270,75 triliun dan semoga uangnya bisa di manfaatkan utuk kesejahteraan rakyat indoneisia itu ku ketahui langsung dari data pertama devisi keungan eropa dan di emailku ini ada bukti dan faktanya untuk membantu keungan indonesia ini jadi tolong manfaatkan dan salurkan uangnya buat kepentingan rakyar…

    28 April 2016 pukul 10:06

  16. kenapa yaa aku bisa bertemu mimpi bung karno yang bercahaya benag seperti air dimalam bulan romadhan dan mengetaui arti kemerdekaan sesunguhnya….sambil berjabatan tangan waktu dia pas keluar dari LP SUKAMISKIN….APAKAH ITU MIMPI YANG NYATA adanya malam lilatul qodar… apa bila itu benar kenapa mimpinya datang padaku orang yang hina dina ini…..dan tak tau tentang politik dan persatuan dan kesatuan negara ini dan semoga kalian juga mendapatkan mimpi seperti itu baik buat anak anaknya dan para mantan presiden RI ini yang dan semoga mereka percaya dengan malam lailatul qodar yang dimana dimalam itu turun para malaikat dan mudah mudahan menjadi pemimpin yang cinta rakyatnya dan baik serta bijak sana untuk meminpin dunia dari kedamaian…

    wassalam…

    Andi sujana

    20 Juni 2016 pukul 02:08

  17. mengembirakan anak anak terlantar dan orang orang miskin itu adalah ibadah yang tak ternilai oleh oleh manusia tapi langsung oleh alloh swt…

    1 Juli 2016 pukul 21:21

  18. biarkanlah pinjaman utang negara presiden jokowi kepada erofa 270 triliun menjadi tanggung jawabku asalkan presiden jokowi dan stafnya mau kerja dan berkujung ke negara negara afrika seperti presiden pertama soekarno yang punya nama di afrika sana…..karena nilai uang 270 trilun itu bukan nilai uang yang sedikit dan bagi pengusaha pengusaha miliuner indonesia ini… dan aku janji setelah jokowi beserta stafnya ke afrika nanti tujuan dan maksudnya aku jelaskan…..

    14 Juli 2016 pukul 10:57

  19. andai kata orang terkaya yang menjadi pendukung saham amzon Rp 850 trilun setidaknya siapakah orang terkaya indonesia yang 1/4nya aja yang mendukung komodo menjadi 7 keajaiban dunia … mungkin akan kucari data datanya di internet ini dan barang barang apa saja yang berharga di punyanyainya dan bagaimana kehidupanya sampai bisa menjadikan keajaiban dunia komodo yang telah di pinding bisa sejajar dengan amazon di 7 keajaiban dunia dan insaalloh akan kupelajari dia didunia nyata maupun dunia internetanya cara dia bersilaturahmi dan cara dia bergaulnya karena yakin dialah orang yang telah menghebohkan dunia dibanding orang terkaya amazon itu dan 6 peserta negara negara lainya karena untuk menjadikan 7 keajaiban dunia itu harus daftar ratusan milliar dan harus ada jaminannya…

    30 Juli 2016 pukul 16:41

  20. enam palsapah hidupku 1.sumpah pemuda 28 oktober 1928, 2. kemerdekaan RI.17-8-1945.3.bendera merah putih, 4.garuda pancasila.5.UUD45. 6.NKRI>

    31 Juli 2016 pukul 16:33

  21. MOHON DOA DARI SEMUA TEMAN TEMANKU DI gerakan indonesia bersatu INI DAN PENGEMAR TULISAN TULISANKU .buat IBUKU yang MAU BERANGKAT HAJI TANGGAL 23 AGUSTUS 2016,DAN SEMOGA DIA SELAMAT SAMPAI TUJUAN DAN BISA BERGUNA BAGI AGAMA BANGSA DAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA INI….

    WASSALAM…

    ANDI KUSNANDIAR…

    10 Agustus 2016 pukul 18:44

  22. makna hari kemerdekaan di pegangsaan timur nomer 56. di gedung proklamator oleh para pejuang .yang penuh ketulusan dan keikhlasan seperti yang terdapat dalam al quran ayat 112,dan marilah kita kaji ayt ini pegangsaan timur nomer 56..56+56=112 .yang terdapat dalam al quraan yat 112 itu adalah surat al ikhlas yang berarti ke esaan alloh dan dalam pancasila adalah sila pertama ke tuhannan yang maha esa maka sumpah jabatan yang di atas kepala oleh al quraan haruslah penuh kejujuran ketulusan dan tidak licik pada negara ini..dan siapa yang melecehkan agama sama berati melecehkan al quraan yang sudah dil sumpah lewat jabatanya..baik itu ketua MPR.DPR.DAn stap presiden maupun presiden dan para mentrinya.. yang berati pancasila itu sendiri dan marilah jangan lecehkan atau hina al quraan dan pancasila.kita yang sebagai landasan dan palsapah negara ini jauhkan korupsi .perjudian dan narkoba di para elitpolitik negara ini karena korupsi bisa mengahn curkan negara ini dan membengkaknya utang negara ini maka dalam tulisan ku kali ini untuk menyambut kemerdekaan negar republik indonesia yang kita cintai jangan pernah hianati atau lecehkan dan hina makna gedung poklamator di pegangsaan timur nomer 56.itu dan marilah kita berpikiran fositif pada al quran. dan pancasila yang selalu melihat ulah dan paripolah kelakuan kita semua..

    wassalam

    andi kusnandiar

    12 Agustus 2016 pukul 13:43

  23. aku bukanlah pahlawan dan aku bukanlah pejuang di era repolmasi ini aku hanyalah orang bodoh yang tak mengerti akan arti kemerdekaan republik indonesia ini dan tak mengerti akan arti kemerdekaan tapi aku hanyalah seorang penghayal dan pemimpi yang ingin serperti indonesia ini terbebas dari jaman kebodohan menjadi jaman ke pintaran dan yang dapat mempersatukan negara ini karena mimpi dengan seorang proklamator seperti bung karno yang bercahaya di bulan romadhan.ya alloh dapatkah ku kenang semua jasa jasa pahlawan yang membebaskan perbudakan dari jaman kebodohan kejaman ke pintaran buat negeri ini karena ku yakin TAK ADA PERJUANGAN YANG TAK SIA SIA..di jaman modern ini….

    17 Agustus 2016 pukul 14:32

  24. arti yang sebenarnya negara kita yang gali lobang tutup lobang Berhutang untuk membayar hutang yang lain kalau lah kita telah sama dengan orang yang mati mau dikuburkan lobangnya digali dan mayatnya dimasukan tapi apakah harus di di tutupi lagi oleh tanahnya begas galiannya begitupu palsapah negara kita dengan gali lobang tutup lobang itu janganlah mayat itu tak dikuburlagi yang nantinya bau bangkainya mayat itu tersebar kemana mana…he he hee,,,,maka bayarlah dahulu utang negarakita kepada negara lain biar pun dengan sedikit sedikit itulah arti sebenarnya palsapah negar kita gali lobang tutup lobang itu …..

    21 September 2016 pukul 18:53

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s