" GIB harus menjadi yang terbaik dalam memantau kinerja dan menjadi mitra Pemerintah"

INFO KETIDAK ADILAN

 

Bapak Suherman adalah korban Penindasan Pemko Medan (Sumatera Utara) sejak tahun 1953

Awal dari penindasan terjadi tahun 1953, seorang lelaki yang sudah berkeluarga bernama ” Bapak Sejo”  memiliki sebidang tanah yang terletak di jalan Gajah Mada atau yang lebih dikenal “Lapangan Gajah Mada” di Kota Medan, terjadi peminjaman tanpa imbalan oleh “Pemko Medan”  dengan alasan untuk dipakai dalam mensukseskan hajatan Pekan Olah Raga.

Sebagai rakyat kecil Bapak Sejo meminjamkan tanah dengan perjanjian tertulis dengan isi perjanjian setelah selesai acara akan dikembalikan, tetapi ternyata pihak Pemko Medan ber itikat tidak baik dan sepertinya ingin mengalihkan Hak Bapak Sejo ke Aset Pemko Medan . walaupun tanah masih dikuasai pihak Pemko, pada tahun 1959 “Bapak Sejo” tidak tinggal diam dan tetap mengesahkan atas tanahnya ke Penghulu setempat dan berlanjut diperbaharui kembali ditahun 1962 dengan Surat Keterangan Asisten Wedana atau saat ini dikenal setingkat Camat, hingga tahun 1964 Bapak Sejo wafat, pihak Pemko Juga belum mengembalikannya.

Sebidang tanah tersebut diwariskan kepada anak-anaknya dengan surat ahli waris dikeluarkan oleh Camat Medan Baru, hak waris jatuh ke Bapak Suherman ( 60 tahun), Ibu Aminah, Ibu  Ani, Ibu Satimah dan masih ada yang lain(telah meninggal dunia) . Ahli waris inilah yang masih hidup dan sangat menginginkan kembali hak mereka atas tanah yang telah dirampas oleh Pemko Medan.

Keluarga yang masih gigih memperjuangkan sebidang tanah tersebut adalah Bapak Suherman yang lahir di Medan tanggal 12 Desember 1949 dan saat ini sudah ber usia 60 tahun yang bertempat tinggal di Jalan Abdul Haris Nasution (Jalan Asrama Haji) jalan Karya Sari, Gang Pribadi no  44 A . Wajarlah seorang Bapak ingin membahagiakan istri, anak, keluarga dan ini jugalah yang kita inginkan bila seusia beliau, apalagi diusia senja ini Bapak Suherman hidupnya sangat susah dan serba pas-pasan.

Kita meminta kepada Kepala Negara selaku Pemimpin di tingkat Pusat agar memerintahkan pejabat yang berwenang dalam menuntaskan masalah ini serta mau melihat dan memperhatikan rakyat kecil yang sudah lebih seumur hidupnya tertindas oleh Aparatur Pemerintahan yang mementingkan diri sendiri dan merasa seperti raja-raja kecil yang haus akan kekuasaan, uang, jabatan untuk menindas yang lemah seperti yang terjadi pada keluarga Bapak Suherman dan yang lainnya.

Ini adalah kasus besar dan sangat mencoreng citra Pemerintah dimana rakyat diperlakukan tidak adil oleh Negara. Bapak Presiden sudah mencanangkan bahwa seorang Kepala Daerah Harus Jemput Bola dalam mengurusi masyarakat.

Oleh : Redaksi Gerakan Indonesia Bersatu DPProv Sumut

7 responses

  1. arvan mokoagow

    Yth, Pimpinan Buletin GIB
    Ada beberapa persoalan “makan simala kama” lahan masyarakat transmigrasi Di Provinsi Sulawesi Tengah Kabupaten Banggai Kecamatan Toili tepatnya di Desa Tohitisari, sekitar 500 Ha lahan yang memiliki sertifikat tanah dirampas oleh pengusaha kelapa sawit, kami lakukan advokasi tetapi tidak berdaya dengan pengusaha kelas kakap semua serba duit, mohon kami dibantu, sertifikat asli ada ditangan masyarakat, dugaan sementara ada duplikat sertifikat lahan palsu yang digadaikan di Bank setempat, bagaimana dengan program mafia hukum dan mafia kontarktor, LSM Suara Rakyat Demokrasi Cabang Luwuk, Direktur Cabang Arvan Mokoagow Hp. 0853 951 419 77

    7 Januari 2012 pukul 11:23

  2. arvan mokoagow

    Yth, Pimpinan Redaksi Buletin GIB, ada beberapa persoalan mendasar, mengenai lahan masyarakat Desa Tohiti sari Kecamatan Toili Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, kurang lebih 500 lahan masyarakat dirampas oleh pengusaha kelapa sawit, lahan mereka dibabat habis, kami melakukan advokasi lagi-lagi ketidak berdayaan kami karena pengusaha kelapa sawit adalah orang berduit, segala cara dapat dilakukan dengan duit, mohon keadilan dan bantuan an. Direktur LSM Suara Rakyat Demokrasi Cabang Luwuk, Muh. Arvan Mokoagow Hp. 085395141977, lebih jelasnya mohon kontek kami, terima kasih sebelumnya.

    7 Januari 2012 pukul 11:27

    • Salam, Terimakasih Kepada Yth, Bapak Muh. Arvan Mokoagow

      Dalam kesempatan ini, info yang kami terima sudah kami teruskan ke Jakarta..mudah-mudahan dalam waktu dekat segera dilakukan cek kelapangan.

      salam, GIB Sumut

      9 Januari 2012 pukul 08:52

      • yth pimpinan GIB,,tolong kasih tau DPP GIB RIAU..kami anggota GIB jabar sedang sosialisasi di Prov RIAU..

        13 Mei 2012 pukul 17:05

  3. Moh. Arvan Mokoagow

    Yth. Presiden DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono
    Pimpinan Dewan Redaksi Buletin Gerakan Indonesia Bersatu

    Mempertanyakan sejauhmana tindaklanjut penelitian Kasus Perampasan Hak, oleh PT Kurnia Luwuk Sejati, Kab. Banggai Prov. Sulawesi Tengah, kasus perampasan lahan kelapa Sawit sampai saat ini belum diproses, rakyat kecil tidak dapat berbuat banyak, kai sebagai Mediator memohon kepada Bapak Presiden RI, agar dapat meninjau Kasus ini, jika kasus ini dibiarkan maka laha-lahan yang ada di Kabupaten Banggai akan dibeli oleh Pengusaha Sawit yang tidak memiliki Prikemanusiaan, Desa Tohiti Sari Kec. Toili Kecamatan Toili Kab. Banggai adalah wilayah transmigrasi Tahun 1977, terdiri dari lahan I dan Lahan II, terjadi perampasan dan penggusuran pada tahun 2002 oleh PT. Kurnia Luwuk Sejati, pertanyaan adalah, pertama ; jika lahan ini adalah sebagai hak guna usaha, pada siapa diadakan perambahan lahan dimaksud. Kedua; Jika perambahan lahan adalah atas izin Bupati Banggai Prov. Sulteng pada saat itu, maka mohon izin dicabut, karena selama perambahan lahan dan penggusuran pihak perusaaah tidak pernah membicarakan hal ini dengan masyarakat Desa Tohitisari, mohon tindak lanjut Bapak Presiden, kami MEMBELA RAKYAT KARENA ADA PENINDASAN DAN KETIDAK ADILAN TERHADAP RAKYAT, MOHON PININDASAN DAN KETIDAK ADILAN INI MENJADI PERHATIAN, TERIMA KASIH, SALAM DARI RAKYAT BUAT BAPAK PRESIDEN SBY MOHON KEMBALIKAN 500 HEKTAR TANPA SYARAT.
    CATATAN SAAT INI KELAPA SAWIT SUDAH DITANAM,
    ADA DUGAAN PENGGUNAAN SERTIFIKAT DUPLIKAT YANG DIGADAIKAN DI BANK-BANK,

    Direktur LSM Suara Rakyat Demokrasi Cab. Luwuk Kab. Banggai Prov. sulawesi Tengah, Muh. Arvan Mokoagow Hp. 0853 9514 1977-0813 4045 5181

    20 November 2012 pukul 10:35

  4. ramadhana syahputra

    Yth.Bapak pimpinan GIB sumut
    saya atas nama ramadhana syahputra S.Pd.I ketua DPK LSM GERAKAN BERSAMA RAKYAT 085362266163 ,ingin kerja samanya untuk menindak pemprov sumut beserta jajaranya ,mengenai pengelolaan lingkungan khususnya di medan yang mana banyaknya terjadi anggaran keuangan untuk memfasilitasi pembanahan lingkungan tidak jelas kemana anggarannya untuk di setiap kelurahan,sampai-sampai saya kemarin datang ke kantor lurah tegal sari 1 kecamatan medan area,dia mengatakan sulitnya keluar anggaran untuk pembenahan lingkungan yang mana lingkungan di kelurahan tersebut sudah sangat kacau keadaanya dan masyarakat sudah sangat resah degan keadaan lingkungan mereka sekarang ,mohon saya bantuan kerja samanya untuk bagaimana semua ini bisa terselesaikan.
    terima kasih

    10 Juli 2014 pukul 01:23

  5. Dede Juhara, S.Pd,M.Pd

    Assalamu’alaikum wr.wb
    “KONFIRMASU SURAT TUGAS YANG DIKELUARKAN a.n DPP GIB”

    Selasa 14 Juni 2016, sekolah kami kedatangan seorang yang bernama RUSTANDI , Berbekal surat tugas dari GIB yang ditandatangani oleh DEDE HIDAYAT a.n Dewan Pimpinan Pusat GIB, tempat surat dikelurkan di Bandung 1 september 2010. intinya beliau menujukan kwtansi atas jasanya RP. 300.000,tp kami hanya mampu membayar 100,000, PC Surat contoh SK yg katanya menjadi rujukan pun, dibawanya kembali, karena tdk sesuai dgn nominal yg diharuskan ,apakah benar tugas dan kedudukan beliau di GIB ? dan kejadian ini menimpa dlm kurun waktu 2 tahun sekali, di banyak sekolah di ciamis.
    Terima kasih

    16 Juni 2016 pukul 12:01

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s